Warning: A non-numeric value encountered in /home/portnumbayac/public_html/wp-content/themes/17th/content_generator.php on line 123

SISTER

Sister adalah singkatan dari Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi, yang mana Sister ini adalah program dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau yang biasa kita kenal dengan Kemenristekdikti yang diluncurkan melalui Dirktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti. Dari website resmi Ristekdikti dapat diketahui bahwa program Sister ini diluncurkan pada tahun 2017, berikut infografis Sister yang dilansir dari website Ristekdikti.

Berdasarkan Infografis diatas dapat didapatkan informasi-informasi berikut ini tentang Sister Dikti, yang pertama bahwa jumlah dosen yang mengabdi di berbagai perguruan tinggi Indonesia di 2017 saat sebelum peluncuran sister itu adalah sebanyak 271.280 dosen, nah dengan dosen yang sebanyak itu tentu saja akan dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mengelola seluruh data dosen tersebut dengan baik, karena jika data terkelola dengan baik maka potensi-potensi dosen juga dapat dikelola dengan baik pula.

Karena hal itulah Kemenristekdikti melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti meluncurkan pada tahun itu yaitu 2017 program dalam memanajemen data dosen yang dinamakan dengan Sister, sebagai upaya untuk mengelola data dosen.

Selanjutnya, Sister memberikan hak akses control penuh kepada dosen Indonesia atas data mereka masing-masing, dimana dosen dapat mengubah dan memperbarui data mereka sesuai dengan data terbaru dengan mudah, dengan tujuan untuk dapat meningkatkan kualitas data dalam rangka pembuatan kebijakan pengembangan SDM yang tajam dan relevan.

Dengan aplikasi sister yang mengintegrasikan seluruh layanan karir dan kompetensi SDM di Ristekdikti sehingga memungkinkan para stakeholder menerima kepastian dalam pelayanan karir mereka. Sister menggunakan basis data portofolio  dengan satu basis untuk semua keperluan yang memuat kinerja Tri Dharma Dosen, portofolio tersebut dapat dipakai untuk proses-proses pengembangan karir dosen. Integrasi antara Sister dengan Pangkalan Data Dikti akan mengurangi beban dosen dalam pengisian portofolio. Semua aktivitas pengajaran yang pernah dilakukan oleh dosen dan tercatat di data Dikti tidak perlu diisikan ulang di SISTER karena telah terintegrasi dengan Dikti tadi, sehingga pendokumentasian aktivitas Tridarma dan peningkatan karir dosen dapat berjalan lebih mudah, lebih efisien dan lebih memberikan kepastian informasi dengan menggunakan SISTER.